Desa Anjir Muara Kota

Kec. Anjir Muara, Kab. Barito Kuala
Prov. Kalimantan Selatan

Loading

Desa Anjir Muara Kota

Hari Libur Nasional

Hari Buruh Internasional / Pekerja

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat Datang di Website Resmi Desa Anjir Muara Kota Kecamatan Anjir Muara Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan

        Posyandu (pos pelayanan terpadu) merupakan upaya pemerintah untuk memudahkan masyarakat Indonesia dalam memperoleh pelayanan kesehatan ibu dan anak. Tujuan utama posyandu adalah mencegah peningkatan angka kematian ibu dan bayi saat kehamilan, persalinan, atau setelahnya melalui pemberdayaan masyarakat.

Peran posyandu di tengah masyarakat sangatlah besar. Meski identik dengan bayi dan balita, kegiatan posyandu dan manfaatnya ternyata tidak hanya sebatas itu. Banyak program posyandu yang juga diperuntukkan bagi ibu hamil, ibu menyusui, dan pasangan usia subur.

      Berbeda dengan puskesmas yang memberikan pelayanan setiap hari, posyandu hanya melayani setidaknya 1 kali dalam sebulan. Lokasi posyandu umumnya mudah dijangkau masyarakat, mulai dari lingkungan desa atau kelurahan hingga dusun.

      Posyandu di Desa Anjir Muara Kota diadakan setiap bulannya dengan jenis pelayanan; Posyandu Balita, Lansia, Kelas Ibu Hamil,serta pos binaan terpadu ( posbindu ) ,Serta Pemberian makanan tambahan bagi yang berkunjung dan mengikuti posyandu. segala kegiatan posyandu dan posbindu di topang menggunakan Anggaran Dana Desa.

Sesuai dengan luas wilayahnya Posyandu Desa anjir muara kota di jalan kan di beberapa wilayah Rukun tetangga ( RT ) agar memudahkan masyarakat Desa mendapat pelayanan secara merata , adapun daftar nama Posyandu Desa Anjir Muara Kota sbb :

  • Melati : =  Yakni Posyandu yang di khususkan untuk pelayanan Balita :Melayani, Imunisasi, Penimbangan, Pemantauan , konsultasi Gizi Balita, Posyandu Melati ini terbagi menjadi 3 tempat / lokasi pelayanan yaitu :
    • Melati 1 = terletak di RT 002 , untuk memudahkan pelayanan bagi warga wilayah RT 001, RT 002, RT 003 luar handil daham,  RT 004, dan RT 005
    • Melati 2 = terletak di RT 006 , untuk memudahkan pelayanan bagi warga wilayah RT 006 dan RT 007
    • Melati 3 =terletak di RT 009 , untuk memudahkan pelayanan bagi warga wilayah RT 008, RT 009

 

  • Harmoni = Yakni Posyandu yang di khususkan untuk pelayanan Lansia : Melayani Konsultasi Kesehatan Lansia, Senam Lansia, acara pembacaan yasin, dan Cek Lab,kadar gula darah,asam urat, dan kolestrol, khusus layanan cek lab diadakan setiap 6 bulan. Posyandu Harmoni ini terbagi menjadi 2 tempat / lokasi pelayanan yaitu :
    • Harmoni 1 = terletak di RT 002 , untuk memudahkan pelayanan bagi warga wilayah RT 001, RT 002, RT 003,  RT 004, dan RT 005
    • Harmoni 2 =terletak di RT 009 , untuk memudahkan pelayanan bagi warga wilayah RT 006, RT 007, RT 008 dan RT 009

 

  • Pos Binaan Terpadu ( Posbindu ) = Layanan yang telah beroperasi per 2022 di Desa Anjir muara kota adalah kegiatan monitoring dan deteksi dini faktor resiko penyakit tidak menular terintegrasi serta gangguan akibat kecelakaan dan tindakan kekerasan dalam rumah tangga yang dikelola oleh masyarakat melalui pembinaan terpadu dengan sasaran warga remaja hingga lansia. 

 

  • Permata dan Kartika = Yakni wadah layanan yang berupa Kelas edukasi bagi Ibu Hamil di 2 lokasi pelayanan yaitu : 
    • Permata = Berlokasi di RT 002
    • Kartika = Berlokasi  di RT 006

Berbagai Kegiatan Posyandu dan Manfaatnya

Kegiatan posyandu terdiri dari kegiatan utama dan kegiatan pengembangan. Berikut ini adalah beberapa kegiatan utama posyandu:

1. Program kesehatan ibu hamil

         Pelayanan yang diberikan posyandu kepada ibu hamil mencakup pemeriksaan kehamilan dan pemantauan gizi. Tak hanya pemeriksaan, ibu hamil juga dapat melakukan konsultasi terkait persiapan persalinan dan pemberian ASI.

        Agar kondisi kehamilan tetap terjaga, ibu hamil juga bisa mendapatkan vaksin TT untuk mencegah penyakit tetanus yang masih umum terjadi di negara berkembang, seperti Indonesia.

        Setelah melahirkan, ibu juga bisa mendapatkan suplemen vitamin A, vitamin B, dan zat besi yang baik dikonsumsi selama masa menyusui, serta pemasangan alat kontrasepsi (KB) di posyandu.

2. Program kesehatan anak

        Salah satu program utama posyandu adalah menyelenggarakan pemeriksaan bayi dan balita secara rutin. Hal ini penting dilakukan untuk memantau tumbuh kembang anak dan mendeteksi sejak dini bila anak mengalami gangguan tumbuh kembang.

          Jenis pelayanan yang diselenggarakan posyandu untuk balita mencakup penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan dan lingkar kepala anak, evaluasi tumbuh kembang, serta penyuluhan dan konseling tumbuh kembang. Hasil pemeriksaan tersebut kemudian dicatat di dalam buku KIA atau KMS.

3. Keluarga Berencana (KB)

           Pelayanan KB di posyandu umumnya diberikan oleh kader dalam bentuk pemberian kondom dan pil KB. Sedangkan, suntik KB hanya dapat diberikan oleh tenaga puskesmas. Apabila tersedia ruangan dan peralatan yang menunjang serta tenaga yang terlatih, posyandu juga dapat dilakukan pemasangan IUD dan implan.

4. Imunisasi

Imunisasi wajib merupakan salah satu program pemerintah yang mengharuskan setiap anak usia di bawah 1 tahun untuk melakukan vaksinasi. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah menetapkan ada 5 jenis imunisasi yang wajib diberikan, yaitu imunisasi hepatitis B, polio, BCG, campak, dan DPT-HB-HiB.

Dalam hal ini, posyandu menjadi salah satu pihak yang berhak menyelenggarakan program imunisasi tersebut. Tak hanya anak, ibu hamil pun juga dapat melakukan vaksinasi di posyandu, misalnya vaksinasi tetanus, hepatitis, dan pneumokokus.

5. Pemantauan status gizi

          Melalui kegiatan pemantauan gizi, posyandu berperan penting dalam mencegah risiko stunting pada anak. Pelayanan gizi di posyandu meliputi pengukuran berat dan tinggi badan, deteksi dini gangguan pertumbuhan, penyuluhan gizi, dan pemberian suplemen.

          Apabila ditemukan ibu hamil dengan kondisi kurang energi kronis (KEK) atau balita yang pertumbuhannya tidak sesuai usia, kader posyandu dapat merujuk pasien ke puskesmas.

6. Pencegahan dan penanggulangan diare

          Pencegahan diare dilakukan melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sedangkan, penanganan diare dilakukan melalui pemberian oralit. Apabila diperlukan penanganan lebih lanjut, petugas kesehatan dapat memberikan suplemen zinc.

         Sementara itu, kegiatan pengembangan posyandu mencakup Bina Keluarga Balita (BKB), Tanaman Obat Keluarga (TOGA), Bina Keluarga Lansia (BKL), dan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Kegiatan pengembangan tersebut umumnya dilakukan apabila 6 kegiatan utama telah dilaksanakan dengan baik.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Posyandu

         Kegiatan posyandu dan manfaatnya bisa diperoleh tanpa mengeluarkan biaya, sehingga sangat meringankan beban ekonomi masyarakat. Selain itu, posyandu juga memiliki banyak manfaat lain yang meliputi:

  • Memberikan beragam informasi mengenai kesehatan ibu dan anak, seperti pemberian ASI, MPASI, dan pencegahan penyakit
  • Memantau tumbuh kembang anak, sehingga anak terhindar dari risiko kekurangan gizi atau gizi buruk
  • Mendeteksi sejak dini bila terdapat kelainan pada anak, ibu hamil, dan ibu menyusui, sehingga penanganan dapat segera dilakukan
  • Memberikan imunisasi lengkap

       Posyandu juga dapat menjadi sarana bagi para ibu untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak, baik dengan petugas kesehatan maupun dengan peserta posyandu lainnya. Dengan pengetahuan yang baik, diharapkan kualitas kesehatan ibu dan anak dapat meningkat.

Berikut dokumentasi kegiatan posyandu dan posbindu di Desa Anjir Muara Kota :

Kiriman Komentar

Beri Komentar

Desa

1.381

LAKI-LAKI

LAKI-LAKI1.381penduduk

1.335

PEREMPUAN

PEREMPUAN1.335penduduk

2.716

TOTAL

TOTAL2.716penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Pemerintah Desa untuk mendapatkan PIN

PERKEMBANGAN PENDUDUK

Bulan Ini

Kelahiran

0

Orang

Kematian

1

Orang

Masuk

6

Orang

Pindah

10

Orang

Bulan Lalu

Kelahiran

1

Orang

Kematian

3

Orang

Masuk

6

Orang

Pindah

2

Orang

LAYANAN SURAT PENGANTAR

Hari Ini

2

Surat

Kemarin

0

Surat

Minggu Ini

2

Surat

Bulan Ini

40

Surat

Bulan Lalu

20

Surat

Tahun Ini

180

Surat

Tahun Lalu

492

Surat

Total

1,174

Surat

Agenda

Terdahulu

MUSDES: Penyusunan RKP Tahun 2024

Tgl : 24 Juli 2023 09:00:00
Tempat : Aula Balai Pertemuan Desa
Koordinator : BPD, Pemdes, Tim Kecamatan
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 07:30:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur
Agenda

Terdahulu

MUSDES: Penyusunan RKP Tahun 2024

Tgl : 24 Juli 2023 09:00:00
Tempat : Aula Balai Pertemuan Desa
Koordinator : BPD, Pemdes, Tim Kecamatan
Jam Kerja
Hari Masuk Keluar
Senin 08:00:00 16:00:00
Selasa 08:00:00 16:00:00
Rabu 08:00:00 16:00:00
Kamis 08:00:00 16:00:00
Jumat 07:30:00 11:00:00
Sabtu Libur
Minggu Libur

Transparansi Anggaran

APBDesa 2024 Pelaksanaan

Pendapatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.283.043.442,44Rp. 1.420.292.514,00

90.34%

Belanja Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 1.060.754.576,00Rp. 1.467.620.842,99

72.28%

Pembiayaan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 47.328.328,99Rp. 47.328.328,99

100%

APBDesa 2024 Pendapatan

Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 738.066.000,00Rp. 738.066.000,00

100%

Bagi Hasil Pajak Dan Retribusi

Realisasi | Anggaran

Rp. 0,00Rp. 18.114.514,00

0%

Alokasi Dana Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 539.804.512,00Rp. 664.112.000,00

81.28%

Bunga Bank

Realisasi | Anggaran

Rp. 5.172.930,44Rp. 0,00

100%

APBDesa 2024 Pembelanjaan

Bidang Penyelenggaran Pemerintahan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 465.304.576,00Rp. 572.415.203,99

81.29%

Bidang Pelaksanaan Pembangunan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 451.596.000,00Rp. 673.583.915,00

67.04%

Bidang Pembinaan Kemasyarakatan Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 41.354.000,00Rp. 94.421.724,00

43.8%

Bidang Pemberdayaan Masyarakat Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 39.550.000,00Rp. 45.350.000,00

87.21%

Bidang Penanggulangan Bencana, Darurat Dan Mendesak Desa

Realisasi | Anggaran

Rp. 62.950.000,00Rp. 81.850.000,00

76.91%
Pemerintah Desa

KHAIRULLAH

Kepala Desa

MAHMUDDIN, S.Sos

Sekretaris Desa

M. SALAHUDDIN AL'AYYUBI

KAUR Keuangan

SITI RASYIDAH ULFAH

KAUR Perencanaan

SALMAN MULIA

KASI Pelayanan

AHMAD ADITIA

KASI Kesejahteraan

RIJAL MUSTAQIM

KASI Pemerintahan

SRI MULYANI

Staf Pengelola Barang dan Aset Desa

JUMIDA

Staf Bendahara